Jumat, 07 Juli 2017

Tips Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo

Penjelasan hari ini mengulas tentang Tips Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo, Salah satunya yang terjadi pada mesin cuci lg turbo drum ini. Jika mengalami kerusakan seperti itu, Maka penjelasan ini sangat tepat untuk mempermudah anda memperbaiki kerusana tersebut. Berikut penjelasannya :


Jenis mesin cuci merk LG turbo drum ini menggunakan sistem digital sebagai tombol dan pengaturan waktu otomatisnya. Jadi agak sulit memperbaikinya. Selain itu saya pribadi belum begitu mengenal tipe tersebut, Untuk itu saat mereparasinya kemarin masih meraba-raba isi dalamnya.

Mesin cuci LG Turbo drum ini mati total awalnya, lalu saya coba cek didalamnya dengan membongkar bagian tombol otomatisnya dibagian atas dan ternyata rangkaiannya dilapisi dengan lem karet yang cukup kuat, sehingga perlu dikupas dulu lem tersebut untuk memperbaikinya. Akhirnya tanpa pikir panjang saya coba untuk membersihkannya dengan pisau sedikit demi sedikit, hingga rangkaian kelihatan bersih dari lem.

Setelah itu barulah terlihat ada capastior 2,2n dan Resistor 1ohm/ 1watt gosong dibagian power supplay atau regulator mesin cuci. Akhirnya coba saya ganti dengan capasitor yang sama dan resistor diganti dengan NTC bekas TV. Setelah selesai penyolderan, Rangkaian dipasang kembali, kemudian coba dihidupkan ternyata mesin bisa nyala dan normal kembali.
Dari pengalaman tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa mesin cuci turbo drum tersebut sebenarnya hanya putus pada bagian power supply sehingga arus tidak bisa mengaliri rangkaian digital. Makanya mesin cuci mati total. Hal ini tentu berbeda dengan jenis mesin cuci manual yang menggunakan saklar selektor untuk menjalankannya. karena tidak ada komponen elektronik sebagai pengatur otomatisnya. Untuk itu cara memperbaiki sistem manual jauh lebih mudah dibanding dengan sistem digital.
Baca juga :  Fungsi dari Komponen Gearbox Mesin Cuci

Selain hal tesebut jenis kerusakan pada mesin cuci yang sering terjadi adalah:
* Pengering tidak berputar atau lambat Mesin cuci tidak mau berputar atau lambat
* Mesin cuci mengalami kebocoran
* Saklar selektor tidak berfungsi, dan sebagainya

Meski proses perbaikan diatas berhasil, belum tentu kerusakan yang anda alami sama penyebabnya oleh karena itu pastikan dahulu bahwa tombol berfungsi dengan baik, barulah kita cek ke bagian dinamo, Capasitor, belting maupun As sebagai motor penggerak mesin cuci tersebut.

Mungkin informasi tentang Tips Memperbaiki Mesin Cuci LG Turbo ini dapat membantu anda pengguna mesin cuci. Jika menurut anda informasi ini bermanfaat, Silahkan di share ke media sosial. Terima kasih..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar